Sabtu, 15 Oktober 2011

Guru MI yang kreatif

free counters

uru MI yang kreatif adalah seorang guru MI yang mampu berkreasi dan mengoptimalkan segala sumber disekelilingnya dan segala potensi menjadi sebuah bahan pembelajaran tanpa adanya batasan tertentu serta mampu merancang sebuah strategi baru untuk mencapai tujuan pendidikan.
Menjadi guru MI yang kreatif membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Guru yang kreatif tidak pernah puas dengan apa yang telah diraihnya. Dia terus belajar dan belajar sampai akhir hayatnya. Serta terus bereksplorasi dengan hal-hal baru dan kemudian diimplementasikan dengan kegiatan pembelajaran. Baginya, menemukan sesuatu yang baru dalam pembelajaran adalah sesuatu hal yang harus dicari dan harus diteliti, kemudian dibagikan kepada guru lainnya. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi disinilah tantangan bagi kita sebagai calon Guru MI apabila kita mau terus instropeksi diri dalam kegiatan pembelajaran yang kita lakukan di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Dengan cara kita berusaha terus-menerus memperbaiki kinerja sebagai guru dengan melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah terutama di MI.
Dengan melakukan PTK kita akan menjadi guru MI yang kreatif. Di dalam PTK itulah kita akan mendapatkan refleksi diri yang kita lakukan melalui siklus-siklus yang kita lakukan sendiri sampai kita merasa yakin bahwa yang kita lakukan telah berhasil.
Menjadi guru MI yang kreatif harus mampu meneliti, sehingga kualitas pembelajaran disekolah semakin baik dan berkualitas. Sesungguhnya banyak masalah yang bias kita teliti dan harus segera dicari solusinya. Melalui PTK inilah kita sebagai guru MI akan menemukan rahasia-rahasia baru dalam khasanah ilmu pendidikan yang bisa kita kembangkan menjadi sesuatu yang berarti dalam kegiatan pembelajaran. Setiap kegiatan yang kita lakukan harus dicatat dan dicermati secara seksama sehingga apa yang kita lakukan dalam PTK ini benar-benar menjadi solusi baru dalam pembelajaran di sekolah yang akan berimplikasi kepada peningkatan mutu pendidikan khususnya pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah.
Kita menjadi guru MI yang kreatif tidak hanya sekedar membuat anak senang dan terbuai oleh permainan yang seru selama pembelajaran berlangsung. Akan tetapi juga selayaknya kita juga mencari metode dan strategi pembelajaran yang berkualitas dan mampu membuat peserta didik bisa semakin mengerti dan memahami materi apa yang kita ajarkan dikelas.



0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Guru

Blog Guru Indonesia

Blog Guru Topsites List